Pages

Ads 468x60px

Labels

Jumat, 17 Agustus 2012

6 Makanan Yang Bikin Panjang Umur

Rasanya semua orang ingin berumur panjang. Meski urusan satu ini sudahdiatur oleh Sang Pencipta, tak ada salahnya kita berusaha memperpanjang harapanhidup dengan menerapkan gaya hidup sehat. Makanan pun menjadi salah satu faktorpenting.

Beberapa makanan yang sering kita temui dikenal berkhasiat melawanpenyakit-penyakit mematikan seperti kanker dan jantung. Dengan rutinmengonsumsi makanan tersebut dan diiringi dengan gaya hidup sehat,kita dapat mencegah timbulnya penyakit dan terus hidup bugar. Apa saja makananitu? Berikut daftarnya seperti dikutip dari Huffington Post.

1. Brokoli


Brokoli, kol, kembang kol, sawi, dan sayuran cruciferous lainnya kayaakan sulforaphane dan antioksidan lain. Kandungan tersebut membantu melindungisel-sel sehat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Namun,sayuran sebaiknya dimakan mentah karena proses pemasakan dapat meluruhkanzat-zat baik di dalamnya.

2. Gandum utuh


Gandum utuh mengandung bermacam-macam antioksidan, vitamin, dan serat.Karena itulah makanan ini dapat melindungi tubuh dari kolesterol tinggi dandiabetes. Salah satu jenis gandum utuh yakni oat memiliki antioksidan unikbernama avenanthramides yang dapat memberi perlindungan tambahan darikolesterol.

3. Berry


Suka strawberry? Berarti secara tak sadar Anda sudah memasukkanmacam-macam antioksidan ke dalam tubuh yang dapat membantu memerangiradikal bebas. Salah satu antioksidan tersebut, anthocyanins, berguna untukfungsi otak, keseimbangan, dan otot.

4. Dark Chocolate


 Flavonoid yang terdapat dalam cokelat pekat (dark chocolate) dapatmengurangi inflamasi dan mencegah pembekuan darah karena mengandungantioksidan. Peradangan molekular (molecular inflammation) dapat memicu penuaandan matinya sel-sel tubuh. Makanya mengonsumsi cokelat pekat tanpa tambahangula dapat memperpanjang umur.

5. Tomat


Sejak lama, tomat dikenal baik untuk pencegahan kanker. Di dalamnyaterdapat lycopene, nutrisi yang dapat melindungi tubuh dari kankerprostat, paru-paru, dan perut.

6. Bit


American Journal of Clinical Nutrition baru-baru ini mengungkapkan bahwabit kaya akan betaine, yakni zat yang dikaitkan dengan pengurangan inflamasiatau peradangan.

0 komentar:

Posting Komentar