Pages

Ads 468x60px

Labels

Senin, 20 Agustus 2012

Makanan yang Berkhasiat Meningkatkan Fungsi Otak



1. Salmon

Niy ikan dah terkenal banget dengan omega-3-nya. Ikan berlemak seperti salmon memang sumber asam lemak omega-3 DHA dan EPA. Kedua komponen ini, menurut pakar nutrisi dari Los Angeles, Andrea Giancoli MPH, sangat penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak.
FYI, lemak merupakan komponen utama otak dan sebagian besar otak terdiri dari asam lemak yang berperan penting dalam fungsi sel-sel otak. Selain Salmon, ikan tuna juga punya kandungan omega-3 yang tinggi, begitu juga dengan ikan laut lain. Makanya sering2 makan ikan juga, jangan cuma ayam dan daging.

2. Telur
 
Kandungan: protein, seng, vit A (untuk penglihatan), vit D (untuk pertumbuhan tulang), vit E (untuk mencegah penyakit), vit B 12 (untuk membentuk sel darah merah).
Selain itu, kuning telurnya mengandung lecithin yang dianggap sebagai makanan otak, zat besi yang baik untuk daya ingat dan konsentrasi sehingga penting bagi fungsi otak, juga kholin yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan daya ingat otak.

3. Kacang2an
  
Kacang merupakan makanan kaya vit E, antioksidan kuat yang berfungsi melindungi membran saraf. Selain itu kandungan thiamin yang terdapat di kacang berfungsi membantu otak dan sistem saraf menggunakan glukosa sebagai energi.

4. Sereal (oatmeal)/ Nasi
 
Sangat baik dikonsumsi di pagi hari karena menyediakan energi dan bahan bakar otak untuk beraktifitas. Otak membutuhkan glukosa yang konstan dan sereal, gandum maupun nasi mampu memenuhi kebutuhan itu. Sereal dan nasi juga mengandung vit B yang berfungsi memberi nutrisi sisem saraf.

5. Sayuran Berwarna 
 
 
Sayuran berwarna seperti tomat, ubi jalar, labu, wortel, bayam, paprika, dan sayuran berwarna pekat lainnya merupakan sumber antioksidan terbaik. Antioksidan bermanfaat menjada sel-sel otak agar tetap kuat dan sehat.

6. Susu & Yoghurt
 
  
Siapa yang gak suka susu, hayo? Susu dan produk susuk kaya protein dan vit B. Kedua komponen ini sangat penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neuritransmitter, dan enzim2. 
Susu kedelai juga baik karena kandungan estrogen atau phytoestrogen dalam kedelai bisa meningkatkan memori dan kemampuan belajar pada wanita. Kedelai sendiri kaya akan protein, karbohidrat kompleks, serat, dan vitamin & mineral.

7. Daging rendah lemak
 
  
 
Daging mengandung zat besi dan mineral yang sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap berenergi dan fokus. Seng dalam daging juga sangat membantu daya ingat.

8. Blueberry
 
  
 
Antioksidan, khususnya antosianin, yang terkandung dalam buah ini dipercaya bermanfaat meningkatkan kemampuan mengingat dan mencegah penyakit Alzheimer. Penelitian menyebutkan blueberry dapat meningkatkan memori, koordinasi, dan keseimbangan pada hewan uji (tikus). Group peneliti dari Neuroscience Laboratory – Tuft University juga menyebutkan, diet blueberry juga dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menghasilkan heat shock protein 70 (HSP70), yakni protein yang merespon stress di otak.


Kalo Me sih, Blueberry gak pernah makan, liat langsung aja gak pernah, tapi untungnya STRAWBERRY, plum dan redcurrants juga dipercaya memiliki manfaat yang hampir sama.

9. Alpukat
 
  
 
Buah ini mengandung omega 3-6-9, asam lemak, dan vit E yang penting untuk kesehatan selaput otak. Wah, makin suka niy ma jus alpukat.

10. Pisang
 
  
 
Me dulu gak terlalu suka buah yang satu ini. Tapi ternyata kandungan glukosa pada pisang mampu memberukan cukup energi untuk otak. Pasukan energi pisang lebih lambat ketimbang gula pasir atau sirup, tapi lebih cepat dibanding nasi, biskuit, dan roti.
Pisang juga mengandung vit B6 yang berfungsi sebagai koenzim untuk metabolisme protein serotonin yang diyakini sebagai nerotransmitter efektif untuk fungsi otak.

11. Biji Labu
 
  
 
Me baru tau kalo ternyata biji labu baik juga untuk otak. Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada biji labu sangat bermanfaat bagi otak. Paling enak kalo makan biji labu yang direbus n dikasih sedikit garam, rasanya kayak kwaci gitu kan, tapi lebih gampang makannya karena ukurannya lebih gede.

12. Paprika
 
  
 
Sumpah Me kaget banget menemukan buah yang satu ini muncul di sini. Pasokan zat besinya tinggi, juga bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas.

13. Ginkgo Biloba
 
  
 
Ekstrak daun Ginkgo biloba dipercaya mampu mendobrak kemacetan sirkulasi darah ke otak sehingga otak tidak kekurangan oksigen.

14. Kopi
 
  
 
Niy buat pecinta kopi dan yang suka begadang, kafein pada kopi ternyata mampu merangsang pertumbuhan sel2 syaraf baru, meningkatkan memori dan kemampuan berkonsentrasi. Tapi ingat, kopi lebih dari 2 cangkir dapat meningkatkan hormon kortisol penyebab stress.

15. Coklat
 
 
Iniy dia yang Me suka…. Seneng deh waktu tau ternyata coklat mengandung theobromine, phenethylamine, dan kaffeine yang bersifat meningkatkan tingkat kesadaran dan kemampuan konsentrasi. Hasil penelitian juga menunjukkan kalo dengan mengonsumsi coklat dapat memberi efek stimulasi yang akan meningkatkan performa mental. Makanya sekarang gak usah takut2 makan coklat. Karena selain itu, coklat juga mengandung antioksidan yang mencegah penuaan termasuk kepikunan.

0 komentar:

Posting Komentar