Ads 468x60px

Labels

Kamis, 16 Agustus 2012

Makanan Khas Arab Saudi

Nasi Kabsa
Nasi kabsa merupakan salah satu jenis nasi di daerah jazirah Arab yang dihidangkan dalam 1 piring/ nampan besar untuk dimakan oleh 4-7 orang. Hidangan ini dibuat dari Beras (beras Basmati), cabe, daging, dan sayuran. Terdapat berbagai jenis nasi kabsa yang ditentukan dari bumbu dan cabai yang digunakan pada hidangan tersebut. Adapun jenis-jenis nasi kapsa tersebut antara lain Nasi kabsa (Lada hitam, cengkeh, kayu manis, Jeruk hitam, Cardamom, almond). Daging yang digunakan pada menu nasi kabsa ini bisa berupa daging ayam, daging sapi, daging unta, daging kambing, serta terkadang digunakan ikan dan udang.
 
Shawarma

Shawarma merupakan sandwich khas daerah timur tengah. Makanan ini biasanya terdiri dari potongan kecil daging kambing/ domba/ ayam (Beberapa shawarma terkadang menggunakan daging sapi), potongan tomat, potongan mentimun, yang kemudian dibungkus dengan roti (khubz) sebagai lapisan luar makanan tersebut. Di kios tempat menjual sawarma, Daging yang dipakai untuk membuat shawarma biasanya berupa lempengan-lempengan yang digabungkan sehingga berbentuk seperti gelendong silinder.Daging ini dipajang di depan kios sehingga para pembeli bisa melihat langsung bagaimana sang penjual membuat shawarma untuk mereka.

Khubz 
 
Khubz adalah nama lain dari roti khas arab. Roti ini dibuat dari gandum dan berbentuk bundar. Biasanya khubz dipotong membentuk segitiga terlebih dahulu sebelum disajikan. Masyarakat arab (terutama Riyadh) menggunakan Khubz sebagai teman memakan bubur fuul (bubur kacang) dan bubur adas (kacang adas).

Zaitun 

Buah zaitun juga dapat ditemui di Riyadh. Buah ini biasanya disajikan sebagai teman saat sarapan. Buah zaitun yang disajikan terdiri dari 2 jenis, yaitu buah zaitun hitam dan buah zaitun hijau. Biasanya buah ini disajikan bersama dengan keju ataupun gula kacang.

Samboosa 

Jika di Indonesia, samboosa cukup mirip dengan kue pastel yang ada di Indonesia. Isi dari kue samboosa ini bervariasi, yaitu bisa berupa daging cincang, ayam, ataupun keju. Beberapa bahkan bisa berisi ikan ataupun kentang. Samboosa biasanya bisa ditemukan berlimpah di Riyadh ketika buka puasa Ramadhan tiba. Hmmm....Ane suka yang isi daging loh. Rasanya sukar untuk dilukiskan. 

 


0 komentar:

Poskan Komentar